Permainan Tradisional untuk Melatih Kecerdasan

Terdapat banyak permainan- permainan tradisional Indonesia yang dapat digunakan buat melatih kecerdasan gerak kinestetik anak, lo. Unsur- unsur yang terdapat pada badan anak Ibu meliputi gerak- gerak koordinasi, keahlian mengendalikan serta mengatur gerak badan, keahlian lokomotor, serta keahlian nonlokomotor bisa dirangsang serta dibesarkan lewat game tradisional ini.

Ayo, ikuti 7 game tradisional Indonesia apa saja yang sanggup melatih kecerdasan gerak kinestetik.

Cak Ingkling/ Engklek

Kecerdasan Gerak Kinestetik

Sumber: gameonfamily

Game tradisional cak ingkling ataupun diketahui dengan nama engklek, dengkleng, ataupun teprok bisa memicu kecerdasan gerak kinestetik anak. Dalam game ini, kanak- kanak diajak buat melaksanakan bermacam gerakan.

Gerakan- gerakan tersebut berbentuk melemparkan oncak( barang pipih berbentuk pecahan genteng, marmer, ataupun batu) pada foto kotak- kotak yang terbuat di atas tanah dan berjalan dengan melompat memakai satu maupun 2 kaki ialah gerakan serta keahlian yang bisa melatih kecerdasan gerak kinestetik anak.

Gobak Sodor

Kecerdasan Gerak Kinestetik

Sumber: buzzinetv

Siapa yang tidak ketahui game tradisional gobak sodor asal Indonesia? Game ini pula banyak diketahui dengan game gasin ataupun galasin. Game ini umumnya dimainkan oleh banyak orang yang dibagi dalam 2 regu. Gerakan- gerakan yang dicoba merupakan 2 regu tiap- tiap melaksanakan pola melanda serta menghadang.

Untuk pihak yang melanda, diwajibkan melewati garis- garis pembatas hingga akhir. Sebaliknya regu yang bertahan, wajib menahan regu penyerang supaya tidak melewati garis- garis pembatas yang dilindungi. Gerakan berlari ataupun menahan yang dicoba berulang- ulang dalam game tradisional ini bisa melatih pula tingkatkan kecerdasan gerak kinestetik pada sang kecil, Ibu.

Patil Lele

Game tradisional yang bernama patil lele( tidak tek ataupun gatrik) ini memakai banyak gerakan raga berbentuk gerak koordinasi yang mengendalikan serta mengatur gerak badan. Terdapat 2 regu dalam game ini. Regu yang melontarkan dan memukul kayu kecil serta regu yang menangkap kayu kecil yang dilemparkan dengan satu tangan ataupun kedua tangan. Gerak melontarkan serta menangkap dalam game ini sanggup tingkatkan kecerdasan gerak kinestetik sang kecil.

Egrang

Kecerdasan Gerak Kinestetik

Sumber: damniloveindonesia

Game tradisional egrang yang memakai bambu ataupun batok kelapa sangat baik buat melatih kecerdasan gerakan kinestetik anak. Game ini memerlukan dasar- dasar gerak kinestetik yang lengkap berbentuk gerak koordinasi, kelenturan, kelincahan, serta penyeimbang gerakan kaki serta tangan yang sanggup memaksimalkan pertumbuhan anak pada umur dini.

Yeye( Lompat Karet)

Kecerdasan Gerak Kinestetik

Sumber: steemitimages

Game tradisional yeye memakai jalinan karet gelang bagaikan alatnya. Game ini mempunyai tingkatan ketinggian yang anak wajib capai. Gerakan melompat tanpa memegang jalinan karet gelang diawali dari ketinggian mata kaki hingga pinggang. Pemain boleh melompat menimpa jalinan karet gelang kala jalinan karet gelang tersebut telah menggapai dada, kuping, serta kepala.

Gerakan melompat dalam game yeye ini sangatlah bagus buat membentuk otot yang sehat serta kokoh dan melatih kecerdasan gerak kinestetik pada anak.

Bola Bekel

Game bola bekel pula ialah game tradisional yang terdapat di Indonesia. Game ini memakai bola karet dan biji- biji bekel berjumlah 6- 8 buah. Gerakan koordinasi diperlukan dalam game ini. Pemain wajib melontarkan kemudian mengambil biji bekel dengan jumlah yang didetetapkan serta menangkap bola karet sehabis dilemparkan tadi dengan biji bekel di tangan. Gerakan- gerakan ini sanggup memicu kecerdasan gerak kinestetik sang kecil.

Rangku Alu( Tari Tongkat)

Kecerdasan Gerak Kinestetik

Sumber: idntimes

Game rangku alu ataupun tari tongkat ialah tari tradisional yang memakai tongkat yang dibuat dari bambu. Ibu dapat mengajak sang kecil buat bermain game ini sebab sang kecil hendak melaksanakan banyak lompatan sehingga gerak lokomotor, nonlokomotor, penyeimbang, kelincahan, konsentrasi, serta ketangkasan bisa terlatih dengan baik.

Inilah 7 game tradisional yang bisa melatih kecerdasan gerakan kinestetik. Ibu pula dapat mendidik anak lewat permainan- permainan tersebut. Tidak hanya itu, game ini gampang dicoba serta tidak memerlukan banyak bayaran. 
Comments


EmoticonEmoticon